December 21, 2012

Tuhan, Sampaikan Ini Untuk Ibuku


Beribu-ribu hari sudah hanya ada raga dan jiwa yang terus berusaha
Terombang-ambing akan ombak kehidupan yang fana
Terjebak di sela-sela rutinitas dunia
Raga yang terus berkelana selalu dihampiri lelah
Untuk insan yang lain mereka turut bahagia
Karena setelah perjalanan jauh,
mereka tidak perlu bingung mencari sauh

Waktu dan yang lain bagai bius dalam darah
Efeknya membuat semua duka tidak terasa
Namun meski sudah menaun, tak elak dukapun meninggalkan serpihannya
Semuanya berubah, bunda
Aku, dunia bahkan belahan jiwa yang kau cinta
Apa kabar dirimu di sana?
Sudahkah kau terima dariku setumpuk alfatihah?
Janganlah kau menengok ke bawah
Karena kerumitan di sini tak akan membuatmu bahagia

Hatiku koyak, bunda
Aku meringkuk sedemikian rupa
di kala aku membutuhkan cinta
Lembut tanganmulah yang ku rindu di saat aku merana
Namun mengharap kehadiranmu bagai mengharap semburat biru untuk senja yang selalu merah
Ke mana aku harus berlari jika lelah mematah asa?

Layaknya tiga puluh hari silam ketika seorang anak adam mencoba menoreh luka
Diriku, seorang insan tanpa bunda bingung mencari pijakan tanah
Hanya tangis yang bisa ku hasilkan, bunda
Dalam halaman ini, aku hanya bisa mengucapkan kata
Rangkaian alfabet yang mewakili detail hari ku di dunia
Bersama anak tertua aku mencoba berdiri dan menegakkan wajah
Menjalani hari dengan cintamu di hati kita

Aku ingin tumbuh sepertimu, bunda
Tangguh nan kuat bagai baja
Komplikasi dunia sudah pernah kau rasa dan kau pun tidak melemah
Ke tidakberadaanmu bukan berarti kau kalah
Hanya habis lembar saja yang membuat bunda hanya berupa nama
Di sini aku akan terus berusaha
Meski gelas akan penuh dengan hampa
Meski asa diambang patah
Bersama kakak, serta cintamu aku akan terus melangkah
Terima kasih telah menaungiku selama yang kau bisa
Dengan ini ku berkata bahwa rindu tidak akan ada habisnya
Bunda, bahagialah di sana
Tunggulah sepasang ananda-ananda ini untuk kembali berkumpul bersama di dalam surgaNya

Selamat Hari Ibu




No comments:

Post a Comment